Gelar – Gelar Di Negara Inggris

Haiiiii,,,,is there anyone who like read a historical romance novel just like me

yupppsss,,,chingu udah 3 tahun terakhir ini aku keranjingan banget sama novel – novel historical dan tentunya yg berbau romance hehe,,,, novel historical romance yg pertama aku baca itu adalah novel nya Tessa Dare yg Judulnya hmmm aduh lupa

nah kalo kalian suka banget baca novel dengan genre kayak gini pasti ga asing lagi kan dengan istilah-istilah “Lord”, “Duke”, “Earl”, dll

nah ternyata setiap gelar-gelar itu ada tingkatan-tingkatannya sendiri mulai yg paling dasar sampe yang paling tinggi gelarnya,,,,karena aku penasaran juga akhirnya aku iseng-iseng cari di internet (bukan Kepo ya cuma pengen nambah ilmu sejarah aja hahaha)

dari semua sumber yang aku baca di internet hampir semua penjelasannya sama ya kayak gini ini, for detail read the article below di jamin bikin kita a little bit wisely .

Inggris Raya ( Great Britain ) adalah negara kerajaan yang kekuasaannya dipegang oleh King ( Raja ) atau Queen ( Ratu ). Keturunannya pun akan mendapatkan gelar yang disesuaikan dengan urutan kelahiran

  • Putra pertama bergelar Prince ( Pangeran )
  • Putra kedua bergelar Duke
  • Putra ketiga bergelar Earl

( Earl adalah gelar tertinggi dari para bangsawan sebelum ada Duke. Istri Earl akan mendapatkan gelar Countess, namun kerap disapa Lady. Gelar Lady juga dipakai untuk istri Lord dan wanita bangsawan pada umumnya)

Duke/Duchess

 

Duke merupakan gelar tertinggi dari lima tingkat gelar dalam kebangsawanan Inggris. Jika seorang duke juga merupakan anggota angkatan bersenjata, pendeta atau duta besar, pangkat atau jabatan mereka mendahului gelar kebangsawanannya. Misalnya, “Major-General Duke of …”. Istri dari seorang duke selalu disebut duchess, atau Duchess X ketika diperkenalkan. Dalam dokumen legal, para duke itu disebut sebagai Most Noble William Edward Duke of X.
 
Istri Duke diberi gelar Duchess, dan bila suaminya meninggal akan disebut Dowager Duchess
 

 

Marquess/Marchioness

 

Gelar kedua setelah duke adalah marquess/marchioness. Sebuatan lord atau lady merupakan sapaan yang benar buat mereka. Saat ini ada 34 marquess di Inggris Raya. Marquess terkemuka Inggris adalah Marquess of Winchester, gelar yang diberikan tahun 1551 (meskipun ia sesungguhnya tinggal di Afrika Selatan). Sementara marquess terkemuka di Skotlandia adalah Marquess of Huntly (diberikan tahun 1599).

 

 

 

Earl/Count atau Countess

 

Earl/count atau countess menempati peringkat ketiga dalam gelar kebangsawanan. Gelar itu sudah ada sejak zaman Raja Canute (abad 10). Saat ini ada 191 earl (tidak termasuk Earl of Wessex, Pangeran Edward) dan courtesy earldoms, serta empat countess. Earl terkemuka Inggris dan Irlandia adalah Earl of Shrewsbury dan Waterford (saat ini Charles Henry John Benediktus Crofton Chetwynd Chetwynd-Talbot). Sapaan untuk kelompok ini cukup disebut lord atau lady.

 

 

 

Viscount/Viscountess

 

Viscount/Viscountess disebut sebagai lord ketimbang Viscount X. Gelar ini berasal dari kantor seorang count, sebuah pangkat yang telah menjadi warisan dari awal abad 10. Ini juga digunakan untuk sheriff sebuah wilayah. Di Inggris gelar itu pertama kali tercatat tahun 1440, dalam Perang Seratus Tahun setelah Raja Henry VI dinobatkan sebagai raja Inggris dan Perancis. Dia ingin mengonsolidasikan gelar kedua negara itu, dan menggelari John Lord Beaumont sebagai Viscount Beaumont di Inggris dan Viscount Beaumont di Perancis.

 

 

Baron/Baroness

 

Baron/Baroness merupakan peringakat terakhir dalam gelar kebangsawanan Inggris. Kata itu dalam Bahasa Perancis Tua berarti “orang bebas”. Pada abad 13 para baron dipanggil oleh raja untuk menghadiri sidang Penasehat atau Parlemen. Baron pertama yang secara resmi diberi gelar adalah John Beauchamp de Holt.

 

Ia menjadi Baron Kidderminster dan gelar itu diberikan oleh Raja Richard II tahun 1387. Sapaan bagi seorang baron cukup sebagai lord. Sorang baroness disebut lady. Gelar baron atau baroness hanya digunakan dalam dokumen-dokumen hukum atau form.
 
Di bawah Baron masih ada gelar yang merupakan anugerah kehormatan ( bukan karena pertalian dengan keluarga kerajaan ). Misalnya:
 
  • Baronet
  • Knight
Keduanya biasa dipanggil Sir
 
Gelar “Sir”
Sir adalah gelar dalam bahasa Inggris yang secara formal diasosiasikan dengan ksatria.

Panggilan Sir berasal dari bahasa Inggris abad pertengahan sire, dari bahasa Prancis sieur, yang berarti “Tuan” dari kata sifat Latin senior (“yang tua”), yang dipakai untuk menyatakan penghormatan dalam banyak bahasa-bahasa di Eropa.

Sir digunakan untuk pengalamatan pelanggan dalam korespondensi formal (Dear Sir) atau kepada orang yang asing (Sir, kau menjatuhkan topimu).

Bentuk yang sama untuk wanita adalah madam.

 
So, gimana??? nambah lagi dong ilmu kita, jadi if someday kalian nemuin istilah-istilah gelar di Inggris dikit-dikit kita tahulah.
 
Sumber : Internet
 
Image
 
“Duke and Duchess of England”
 
 
 
 

3 thoughts on “Gelar – Gelar Di Negara Inggris

  1. aduuhh, akhirnya dapet juga penjelasan dari gelar kebangsawanan inggris… aku sukaaa bgt baca novel2 historical gini… aku lebih suka dibanding novel biasa krn biasanya klo baca novel historical begini, kita jadi bisa ngebayangin ada di zaman nya… menarik bgt…

    • wahhhh,,,,senengnya bisa berbagi informasi hehehe, aku pikir cuma aku aja yg suka baca novel2 historical eh ternyata ada juga yg suka baca novel dengan genre yg kayak gini. temen2 kerja ku sempet penasaran dan coba minjem salah satu novel ku tapi hari ini pinjem besok juga udah dibalikin menurut mereka bacaan aku terlalu berat dan mereka ga ngerti alur ceritanya hahaha aneh yaaaa???

      oiya kalo kamu suka jenis historical kayak apa??? kalo ada novel historical yg bagus boleh dong di share ke aku atau recomend aja.
      hehehe,,,,

      thank’s

  2. waaah..nambah ilmu nich…selama ini cm denger gelar itu tpi ngga tau makna dan fungsi dr gelar2 itu..sempet penasaran untuk baca novel historical eropa, apalagi cover novelnya biasanya bergambar wanita cantik dgn pakaian khas eropa yg mengingatkan saya pd drama masa kecil “Little Missy”…hehehe…soalnya slama ini baru baca yg asia aja,,,kayak trilogi karya Indu Sundaresan (Mehrunnisa, Nur Jahan, Jahanara) dan Taj Mahal (John Shors) yg berlatar kerajaan Mughal india-kashmir, Kaze (Dale Furutani) yg berlatar kisah samurai Jepang, atau Empress Orchid (An Chee Min) yg berlatar kerajaan China,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s