1 Day In Eko KaboJaya – Kalimantan Timur

Sabtu kemarin saya dan salah satu teman saya Rika diundang oleh CE KPC untuk berkunjung ke salah satu Ekowisata yang ada di sangata – Kalimantan Timur namanya Ekokabojaya. Senengnya dapet kesempatan jalan-jalan di Kabo sebelum pulang ke depok. cuacanya lumayan panas banget….kita sampai di pendopo kabo sekitar jam 2 siang kirain langsung jalan-jalan ternyata kita masih harus nunggu satu rombongan lagi yaitu rombongan wakil bupati kutim. akhirnya kita duduk2 dulu sambil melihat2 ada beberapa anak2 kecil yang mengenakan pakaian tradisional seperti dayak, jawa, bugis, toraja dll. ternyata mereka bertugas untuk menyambut bapak wakil bupati.

Ekokabojaya adalah salah satu tempat wisata yang ada di sangata, disini kita bisa mengunjungi beberapa perkampungan yang berbeda suku ada kampung jawa, kampung bugis, kampung tator, kampung apa lagi ya lupa hehehe saking asiknya. disana juga ada banyak perkebunan sayuran dan buah-buahan dan ada juga wisata yang lain seperti arum jeram (bener ga ya nulisnya??)

perjalanan wisata pun dimulai sekitar pukul 14.30 PM kitapin memulai tourism dengan mengendarai mobil bersama rombongan lain kami mengunjungi Kampung jawa, karena jalanan rusak akibat longsor jadi kami pun harus memarkir mobil dan terpaksa deh harus jalan untuk sampai ke kampung jawa, sambil melihat suasana yang begitu asri karena banyak sekali pohon2 besar jadi sinar mataharipun gak begitu kerasa dan udara yang begitu bebas dari polusi. disana jarak dari satu rumah ke rumah lain lumayan berjauhan dan masyarakatnya sering mengikat hewan ternak mereka yaitu sapi di depan rumah mereka (sapinya gede2 apalagi kalo udah ngeluarin suara mooo….nya itu wuih kencengnya bukan main)

setelah sampai di kampung jawa kami serombongan mampir di salah satu rumah warga disana kami disambut oleh warga dan panitia acara, dan dihidangkan oleh cemilan2 sehat seperti Jagung rebus dan pisang rebus plus segelas es teh manis🙂 semua itu adalah hasil panen dari kebun warga setempat. disana juga ada pisang muli (kalo orang sunda sih bilangnya muli ada juga yang bilang mauli/raja mas dll) ukurannya beda dari pisang muli yang sering aku lihat dibelakang rumah ukurannya kecil2, tapi yang ini wow pisang muli jumbo karena ukurannya
lumayan besar dan rasanya manis banget. setelah istirahat sebentar kami pun mulai perjalanan lagi karena tujuan pertama dari tour ini kampung jawa maka kamipun mengunjungi kebun-kebun sayuran yang ada di kampung jawa seperti:

– Kebun Terong Ungu, kebunnya tidak terlalu luas tapi buah terong nya sudah banyak yang bisa di panen. sambil berfoto-foto karena ada diatas bukit jadi pemandangan dari atas terlihat sangat indah, kamipun diberi kesempatan untuk coba memetik langsung dari pohonnya.
– Kebun Kacang Panjang, seperti kebun kacang panjang yang lain kacangnya lebat kayak rambut penyanyi rege hehehe dan pastinya masih seger banget.
– Kebun Pare, ini dia salah satu sayuran favoritku pare si pahit nan enak hehehehe🙂 untuk ke kebun pare ini harus sedikit hati-hati karena jalanannya yang menurun dan tanah yang kering sehingga memungkinkan untuk kita terpeleset kalo ga hati-hati, setelah sampai sana saya begitu takjub melihat buah pare yang masih bergelantungan dengan ukurannya yang super duper jumbo. rasanya pengen metik semuanya…..🙂

karena waktu sudah sore akhirnya touring ke kampung jawa pun selesai dan rombongan kembali ke pendopo, setelah sampai pendopo di desa kabo kami dihidangkan lagi dengan cemilan-cemilan khas toraja dan segelas es sirup kelapa, setelah istirahat sebentar sayapun bergabung dengan anak-anak kecil yang sedang bermain. ga lama main sama mereka pandangan sayapun tertuju pada beberapa anak yang sedang duduk sambil memegang kain akhirnya sayapun menuju kesana dan oh….ternyata mereka sedang belajar membatik penasaran akhirnya sayapun mencoba untuk membatik dan ternyata cukup sulit perlu kesabaran, ketelitian dan ekstra hati-hati. awalnya saya masih agak sulit tapi lama kelamaan saya juga bisa dan sudah terbiasa motif gambarnya motif batik khas kalimantan dan saya pun berhasil menyelesaikan satu kain (tapi lupa dibawa pulang soalnya dijemur😦 )

jelang maghrib kami pun diajak untuk beristirahat di salah satu rumah warga dan eng ing eng ini dia watu yang dinanti nanti waktunya makannnnnnnnnnn🙂 dan menu makanannya adalah makanan khas sulawesi wow keren akhirnya saya pun makan dengan sangat lahapnya hihihihi selesai makan sayapun sholat magrib dan berbincang-bincang dengan beberapa teman baru dari ITB yang sedang penelitian disini. waktu sudah menunjukan pukul 19.30 PM saya sudah mulai merasa lelah padahal acara selanjutnya adalah pentas seni tarian tradisional dari beberapa daerah pengen lihat tapi karena acara dimulai sekitar pukul 21.00PM sayapun memutuskan untuk pulang saja karena udah capek banget. akhirnya sekitar pukul 20.00PM sayapun pulang ke rumah. ahhh……

saya merasa satu hari ini seperti keliling indonesia bertemu dengan berbagai macam suku dan makanan khas. sayapun tidak lupa membawa pulang hasil sayurannya masing2 mendapatkan 2 buah terong, 1 buah pare, dan segenggam kacang panjang untuk dibawa pulang. wow pengalaman yang luar biasa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s