Resep Masakan Korea KIMCHI

Hahay….akhirnya dapet juga neh resep masakan korea Kimchi, dari resep-resep yang pernah aku lihat resep ini yang paling simple dan mudah banget. rencananya kalo ada waktu aku juga mau coba bikin🙂 so buat kalian yang suka makanan korea dan pengen nyobain Kimchi. this is the receipe. Happy Cooking Chingu🙂

KIMCHI

Bahan-bahan:
Bahan Utama :

2 – 5 Sawi Putih, belah jadi dua, kemudian belah sedikit di tengahnya, cuci sebentar dengan air kemudian taburin dengan garam hingga rata seluruh permukan dan ke setiap lembar sawinya.
Biarkan hingga 2 – 3 Jam. ( mengapa cuma beberapa jam saja merendamnya karena kita buatnya tidak begitu banyak sawi putihnya , untuk Kimchinya nanti ).

Setelah itu cuci kembali Sawi putih yg telah terendam dengan garam tadi selama 2 – 3 Jam, Cuci hingga benar – benar bersih….kemudian tiriskan selama 30 Menit. ( sambil mempersiapakan bahan lainya )

Bahan Campuran untuk adonan Bumbunya. :

2 buah Lobak ( Daikon Radish ) cuci bersih kupas sedikit kulitnya, potong bentuk korek api sedikit tipis.
1 ikat daun bawang, cuci bersih sisihkan.
3 buah bawang bombay , kupas rajang sisihkan.
1 Ikat Sawi hijau cuci bersih potong sedang ,( Tidak pakai juga bisa ).

Bahan Untuk Bumbunya :

1 Gelas tepung Beras rebus dengan air buat seperti bubur atau pakai beras ketan juga bisa , masak dan rebus hingga menjadi bubur dan sisihkan.

2 Batang Jahe bersihkan dan parut atau blender hingga halus.
1 – 2 Gelas ukuran sedang Bubuk lombok merah.
1 Gelas ukuran sedang bawang putih yg sudah di haluskan.
3 Sendok makan gula putih.
25 – 30 milii litter SALTED ANCHOVY SAUCE
( Kecap Asin Khusus untuk buat Sawi Putih yg ada gambar Kimchi Sawinya )

Petunjuk
Caranya :

Pertama :
Siapkan semua Bahan Bumbunya : Bubur Tepung berasnya, bubuk lombok merah, bawang putih, jahe,gula. dan bahan tambahannya.

Kedua :
Siapkan Bahan Potongan Radish ( lobak ) masukan dlm baskom ukuran sedang beri sedikit taburan garam aduk hingga rata, kemudian masukan bahan bumbu bubuk lombok merah, potongan bawang bombay beri adonan bubur tepung beras / bubur beras ketan aduk bener – bener rata, masukan kembali potongan daun bawang aduk, masukan potongan daun sawi hijau aduk lagi, setelah itu beri bumbu jahe, bawang putih , gula dan Salted sauce kimchi aduk hingga benar merata keseluruhan.

Nah…akhirnya kita olesin dengan bumbunya sawi putih ini satu pesatu dalam setiap lapisannya. dan bener – bener merata , setelah itu siap untuk di simpan dalam suhu dingin , kulkas . Tetapi langsung di sajikan juga bisa , di potong – potong sesuai selera bisa dech di komsumsi

Dan untuk ingin memperoleh hasil yg lebih mantap !!!!!
Ini memerlukan masa permentasi yg cukup lama ber hari…hari…ber bulan..bulan…dan bahkan ada yg sampe 2 tahun masa permentasinya….karena jelas rasanya lain dari yg lain lebih terasa sekali Kimchinya baik Asam , asin , dan pedas nya.

Hmmmmmm seger🙂 selamat mencoba ya chingu🙂

6 thoughts on “Resep Masakan Korea KIMCHI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s