Resep Makanan Korea Samgyetang (Sup Ayam Ginseng)

Samgyetang / Sup Ayam Ginseng

tadi ada temen yang sms aku dan dia nanya apa aja sih makanan korea yang tidak mengandung daging babi, soalnya di jakarta tuh banyak banget restoran korea dan dia pengen banget nyobain tapi dia bilang namanya aneh-aneh banget dan dia malu  untuk bertanya jadi dia sms aku deh (padahal aku juga kan ga tahu hehehehe) alhasil mau ga mau minta bantuan mbah google lagi deh untuk cari jenis-jenis makanan korea and I got it🙂

salah satunya adalah samgyetang ini, samgyetang atau sup ayam ginseng adalah masakan sehat yang dibuat dengan cara memasukkan beras ketan, kurma, buah berangan (ini buah apa ya?), dan buah ginkgo(apalagi ini?) kedalam perut ayam yang kemudian direbus dalam kaldu. Dalam buku kuno dinasti Joseon (yang dimaksud pasti yang mulia seukjeong hehehehe film dong yi) tertulis bahwa ayam kecil direbus dan dihidangkan kepada orang yang tua pada Sambok, 3 hari terpanas dalam musim panas, yaitu chobok, jungbok, dan malbok. Terutama di zaman dinasti Joseon istri raja Injo yang sakit dihidangkan sup ayam bernama Hwanggyetang yang dimasak dari ayam dan Hwanggi, jenis akar tumbuhan berkhasiat. Inilah yang menjadi asal usul Samgyetang. Di zaman sekarang Samgyetang juga disukai masyarakat Korea sampai mereka antre panjang di depan restoran untuk memakan Samgyetang pada hari sambok musim panas.

Samgyetang, Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Seporsi sup dalam panci kecil biasanya dimakan oleh satu orang.

 

Samgyetang dimakan dengan tambahan merica, garam dan kimchi yang disediakan di atas meja. Ayam sudah direbus hingga empuk hingga daging mudah lepas dari tulang. Kuah sup biasanya tidak semua diminum. Setelah daging ayam habis, nasi dimasukkan ke dalam sup.

eperti halnya sup ayam yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit di kebudayaan Barat, samgyetang bukan hanya dimakan di Korea untuk mengobati penyakit. Protein dan mineral dari seekor ayam utuh yang direbus dengan tanaman obat dipercaya bisa mencegah penyakit.

Di Korea terdapat rumah makan yang menunya hanya menyediakan samgyetang. Walaupun demikian, rumah makan khusus samgyetang seperti itu terus ramai oleh pembeli karena resep samgyetang dan ramuan obat yang dijaga sebagai rahasia perusahaan. Minuman sewaktu makan samgyetang biasanya adalah anggur ginseng ( es teh manis juga enak🙂.

kalo ada yang mau coba bikin nih aku ada resepnya, pengen nyoba deh kayaknya enak ajakin mamah ah buat bantuin masak…. yuk mari intip🙂

Bahan Utama :

(untuk 1 orang)

  1. 1 ekor ayam utuh(450~500g)
  2. 50g beras ketan
  3. 1 biji buah berangan
  4. 2 biji buah ginkgo
  5. 1 akar ginseng basah
  6. 2 buah kurma Korea
  7. 10g daun bawang
  8. sedikit garam dan lada Bumbu

Bahan untuk kuah :

  1. 2 liter air
  2. 10g jahe
  3. 100g lobak
  4. 10 biji bawang putih
  5. 5g Gamcho(akar manis)
  6. 5g Hwanggi(akar kuning)
Cara:
  1. Keluarkan bagian dalam perut ayam, bersihkan kemudian potong bagian buntut ayam
  2. Isi perut ayam dengan beras ketan yang sudah dibersihkan dan direndam 1 jam dalam air dingin
  3. Masukan buah berangan ginkgo dan ginseng basah kedalam perut ayam.
  4. Kaki ayam disilangkan dan diikat dengan benang
  5. Rebus 2 liter air bersama jahe, lobak, akar manis, akar kuning, dan bawang putih selama 30 menit kemudian bahan di dalam kuah dibuang kecuali bawang putih
  6. Masukkan ayam ke dalam kuah lalu direbus kembali di atas api besar selama 40 menit lalu kecilkan api dan masak selama 10 menit
  7. Pindahkan ayam ke mangkuk, tuangkan kuah yang sudah disaring lemaknya, taburi daun bawang yang telah dipotong-potong, dan dibumbui garam dan lada.
Catatan :
  1. Beras ketan direndam dalam air dingin selama 1 jam supaya mudah dimasak. Kalau tidak waktu memasak menjadi lama sehingga daging ayam akan jadi keras
  2. Boleh pakai ginseng kering jika tidak mendapat ginseng basah
  3. Akar manis dan akar kuning akan menghilang bau amis ayam dan menambah rasa kuah. Tapi tidak harus dipakai
  4. Setelah memasak ayam di atas api besar selama 40 menit lalu kecilkan api dan masak selama 10 menit lagi
  5. Daun bawang dapat menghilangkan bau amis ayam dan beraroma
Selamat mencoba dan selamat menikmati chigudeul…..  🙂

Sup Ayam Ginseng

 

6 thoughts on “Resep Makanan Korea Samgyetang (Sup Ayam Ginseng)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s