Resep Masakan Korea Sigumchi Namul ( Bayam Bumbu )

Senengnya kalo nge-post resep masakan korea, soalnya jadi lebih banyak tahu tentang masakan korea apalagi cara masaknya simple banget. nanti siang rencananya aku mau coba bikin sigumchi namul atau kalo orang korea tapi tinggal di indonesia sering nyebut masakan ini dengan bayam bumbu. Biasanya Sigumchi Namul ini sering dipakai sebagai bahan campuran untuk Bibimbap, Kimchi, atau Japchae. selain itu Sigumchi ini sering disajikan saat breakfast atau lunch soalnya seger banget dan sehat pastinya. so what are you waiting for here comes the recipe :)

Sigumchee Namul

bahan:
1 Ikat bayam ( yang masih segar ya ^^ )
2 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
1 sendok makan biji wijen
1 sdt garam ( atau sesuai selera )
2 siung bawang putih cincang halus
2 sdt gula

cara Membuat :
Rebus bayam dalam air mendidih selama 30 detik.
angkat dan tiriskan bayam dengan cepat dan bilas dengan air dingin.
tekan lembut bayam untuk membuang kelebihan air dan tiriskan kembali.
Campur kecap, minyak wijen, biji wijen, garam, bawang putih, dan gula dan campurkan ke dalam bayam.
aduk perlahan hingga merata dan siap untuk disajikan.

selesai deh simple bangetkan, yuk siapa yang mau coba ??????

Resep Makanan Korea Sundubu Jjigae (Sup Tahu Pedas)

Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae atau Sup tahu pedas adalah Makanan Korea yang sangat cocok dengan musim dingin. Sundubu Jjigae adalah masakan khas Korea yang dibuat dari tahu yang lembut atau tofu yang lembut seperti sutra dalam kaldu sapi  yang pedas dilengkapi dengan daging, bawang bombay, dan Kimchi dan sangat cocok untuk dimakan di musim dingin. Sundubu Jjigae yang panas dan pedas mungkin bisa bikin orang untuk melupakan sebentar dinginnya cuaca di korea.

ayo-ayo yang suka pedes dan hot this is it SUNDUBU JJIGAE, kalo mau buat simple banget ini dia resepnya :

Bahan

  • 1 sdm minyak cabe
  • 2 siung bawang putih, cincng halus
  • 1 bawang bombay, potong dadu
  • 1 sdm bubuk cabe
  • 1 sdm kecap manis
  • 250 ml kaldu daging
  • 30 gram kimchi, cincang
  • 50 gram macam-macam daging (udang segar, ikan slice, daging sapi atau ayam. Apa saja boleh.)
  • 300 gram tahu, potong dadu
  • 2 butir telur
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Daun bawang potong sebagai taburan

Cara membuat

  • Panaskan minyak goreng di wajan anti lengket. Masukkan minyak cabe, cabe bubuk, bawang putih dan bawang bombay. Tumis hingga aromanya harum.
  • Selama menunggu, campur kecap manis dengan kaldu daging.
  • Sementara itu, susun kimchi yang sudah dicincang di atas mangkuk batu (claypot), letakkan dengan daging sapi dan tahu. Masukkan ke campuran kuah tersebut. Pastikan bahan tersebut 3/4 tercampur dengan kuahnya.
  • Letakkan mangkuk batu ke oven dingin dan panggang dengan suhu 250°C selama 20 menit sampai daging tersebut benar-benar telah dimasak.
  • Waktu selesai, pecahkan telur mentah di bagian atas mangkuk batu dan taburi daun bawang. Sajikan selagi panas. Campur rata sebelum mengkonsumsinya.

Resep Makanan Korea Samgyetang (Sup Ayam Ginseng)

Samgyetang / Sup Ayam Ginseng

tadi ada temen yang sms aku dan dia nanya apa aja sih makanan korea yang tidak mengandung daging babi, soalnya di jakarta tuh banyak banget restoran korea dan dia pengen banget nyobain tapi dia bilang namanya aneh-aneh banget dan dia malu  untuk bertanya jadi dia sms aku deh (padahal aku juga kan ga tahu hehehehe) alhasil mau ga mau minta bantuan mbah google lagi deh untuk cari jenis-jenis makanan korea and I got it :)

salah satunya adalah samgyetang ini, samgyetang atau sup ayam ginseng adalah masakan sehat yang dibuat dengan cara memasukkan beras ketan, kurma, buah berangan (ini buah apa ya?), dan buah ginkgo(apalagi ini?) kedalam perut ayam yang kemudian direbus dalam kaldu. Dalam buku kuno dinasti Joseon (yang dimaksud pasti yang mulia seukjeong hehehehe film dong yi) tertulis bahwa ayam kecil direbus dan dihidangkan kepada orang yang tua pada Sambok, 3 hari terpanas dalam musim panas, yaitu chobok, jungbok, dan malbok. Terutama di zaman dinasti Joseon istri raja Injo yang sakit dihidangkan sup ayam bernama Hwanggyetang yang dimasak dari ayam dan Hwanggi, jenis akar tumbuhan berkhasiat. Inilah yang menjadi asal usul Samgyetang. Di zaman sekarang Samgyetang juga disukai masyarakat Korea sampai mereka antre panjang di depan restoran untuk memakan Samgyetang pada hari sambok musim panas.

Samgyetang, Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Seporsi sup dalam panci kecil biasanya dimakan oleh satu orang.

 

Samgyetang dimakan dengan tambahan merica, garam dan kimchi yang disediakan di atas meja. Ayam sudah direbus hingga empuk hingga daging mudah lepas dari tulang. Kuah sup biasanya tidak semua diminum. Setelah daging ayam habis, nasi dimasukkan ke dalam sup.

eperti halnya sup ayam yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit di kebudayaan Barat, samgyetang bukan hanya dimakan di Korea untuk mengobati penyakit. Protein dan mineral dari seekor ayam utuh yang direbus dengan tanaman obat dipercaya bisa mencegah penyakit.

Di Korea terdapat rumah makan yang menunya hanya menyediakan samgyetang. Walaupun demikian, rumah makan khusus samgyetang seperti itu terus ramai oleh pembeli karena resep samgyetang dan ramuan obat yang dijaga sebagai rahasia perusahaan. Minuman sewaktu makan samgyetang biasanya adalah anggur ginseng ( es teh manis juga enak :).

kalo ada yang mau coba bikin nih aku ada resepnya, pengen nyoba deh kayaknya enak ajakin mamah ah buat bantuin masak…. yuk mari intip :)

Bahan Utama :

(untuk 1 orang)

  1. 1 ekor ayam utuh(450~500g)
  2. 50g beras ketan
  3. 1 biji buah berangan
  4. 2 biji buah ginkgo
  5. 1 akar ginseng basah
  6. 2 buah kurma Korea
  7. 10g daun bawang
  8. sedikit garam dan lada Bumbu

Bahan untuk kuah :

  1. 2 liter air
  2. 10g jahe
  3. 100g lobak
  4. 10 biji bawang putih
  5. 5g Gamcho(akar manis)
  6. 5g Hwanggi(akar kuning)
Cara:
  1. Keluarkan bagian dalam perut ayam, bersihkan kemudian potong bagian buntut ayam
  2. Isi perut ayam dengan beras ketan yang sudah dibersihkan dan direndam 1 jam dalam air dingin
  3. Masukan buah berangan ginkgo dan ginseng basah kedalam perut ayam.
  4. Kaki ayam disilangkan dan diikat dengan benang
  5. Rebus 2 liter air bersama jahe, lobak, akar manis, akar kuning, dan bawang putih selama 30 menit kemudian bahan di dalam kuah dibuang kecuali bawang putih
  6. Masukkan ayam ke dalam kuah lalu direbus kembali di atas api besar selama 40 menit lalu kecilkan api dan masak selama 10 menit
  7. Pindahkan ayam ke mangkuk, tuangkan kuah yang sudah disaring lemaknya, taburi daun bawang yang telah dipotong-potong, dan dibumbui garam dan lada.
Catatan :
  1. Beras ketan direndam dalam air dingin selama 1 jam supaya mudah dimasak. Kalau tidak waktu memasak menjadi lama sehingga daging ayam akan jadi keras
  2. Boleh pakai ginseng kering jika tidak mendapat ginseng basah
  3. Akar manis dan akar kuning akan menghilang bau amis ayam dan menambah rasa kuah. Tapi tidak harus dipakai
  4. Setelah memasak ayam di atas api besar selama 40 menit lalu kecilkan api dan masak selama 10 menit lagi
  5. Daun bawang dapat menghilangkan bau amis ayam dan beraroma
Selamat mencoba dan selamat menikmati chigudeul…..   :)

Sup Ayam Ginseng

 

RESEP MAKANAN KOREA BIBIMBAP (Nasi Campur)

Hmmmm…..ada yang tahu Bibimbap ?? itu tuh sejenis nasi campur dari korea, ada yang pernah nyoba???? kalo aku sih pernah :) di Mall Gandaria kan ada Korean Restaurant waktu itu aku, adikku, dan sepupuku nyobain disana dan rasanya enak Yummi….waktu itu sih aku pesennya Bulgogi Bibimbap dan Dukkbogi harganyapun lumayan murah masih bisa terjangkau sama saku anak2 sekolah atau kuliahan…..

Bulgogi Bibimbap

tapi kalo sekarang aku ga usah jauh-jauh lagi kalo lagi pengen makan bibimbap, karena aku bisa buat bibimbap dirumah dengan resep yang super duper simple….

kalo kalian mau, boleh kok di copy resepnya dan dicoba di dapur rumah kalian masing-masing di jamin deh kalo kalian masak bibimbap ga butuh waktu berjam-jam palingan juga cuma 30 menit.

dan rasanya ga kalah sama kayak di restoran2 korea lainnya. (kalo kalian bisa masaknya ya :) )

so ini dia resepnya, bikin yukkkk……:)

Resep Masakan Korea Bibimbap Enak dan Nikmat

Bahan & Bumbu :

  1. 2 sendok makan minyak goreng
  2. 1 sendok teh bawang putih cincang
  3. 250 gram daging potong panjang
  4. 2 sendok makan jahe cincang
  5. 2 sendok the soy sauce
  6. 1 sendok teh minyak wijen
  7. 1 sendok makan wijen sangrai setengah halus
  8. Bumbu penyedap secukupnya
  9. 2 sendok makan kecap asin
  10. (semua bahan dicampur, dibagi dua)
  11. Tauge, bayam rebus secukupnya
  12. 4 butir telur mata sapi goreng
  13. Kimchi, acar wortel, lobak, sambal botol
  14. 4 buah jamur shitake
  15. 400 gram nasi pulen
  16. 4 sendok makan korean hot bean paste
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang sampai harum. Masukkan daging dan jamur shitake yang sudah dibumbui. Aduk-aduk sampai matang. Angkat.
  2. Tauge dan bayam direbus. Campur dengan bumbu minyak wijen. Aduk-aduk.
  3. masukan nasi dalam mangkuk beri telur mata sapi di atasnya. Masukan juga tumisan daging dan jamur, masukan juga tauge, bayam, kimchi, acar wortel, lobak, dan ketimun. Tambahkan pasta di atasnya
  4. Siap deh untuk dimakan.  masitge deuseyo jal meokgessseumnida :)

Resep Masakan Korea KIMCHI

Hahay….akhirnya dapet juga neh resep masakan korea Kimchi, dari resep-resep yang pernah aku lihat resep ini yang paling simple dan mudah banget. rencananya kalo ada waktu aku juga mau coba bikin :) so buat kalian yang suka makanan korea dan pengen nyobain Kimchi. this is the receipe. Happy Cooking Chingu :)

KIMCHI

Bahan-bahan:
Bahan Utama :

2 – 5 Sawi Putih, belah jadi dua, kemudian belah sedikit di tengahnya, cuci sebentar dengan air kemudian taburin dengan garam hingga rata seluruh permukan dan ke setiap lembar sawinya.
Biarkan hingga 2 – 3 Jam. ( mengapa cuma beberapa jam saja merendamnya karena kita buatnya tidak begitu banyak sawi putihnya , untuk Kimchinya nanti ).

Setelah itu cuci kembali Sawi putih yg telah terendam dengan garam tadi selama 2 – 3 Jam, Cuci hingga benar – benar bersih….kemudian tiriskan selama 30 Menit. ( sambil mempersiapakan bahan lainya )

Bahan Campuran untuk adonan Bumbunya. :

2 buah Lobak ( Daikon Radish ) cuci bersih kupas sedikit kulitnya, potong bentuk korek api sedikit tipis.
1 ikat daun bawang, cuci bersih sisihkan.
3 buah bawang bombay , kupas rajang sisihkan.
1 Ikat Sawi hijau cuci bersih potong sedang ,( Tidak pakai juga bisa ).

Bahan Untuk Bumbunya :

1 Gelas tepung Beras rebus dengan air buat seperti bubur atau pakai beras ketan juga bisa , masak dan rebus hingga menjadi bubur dan sisihkan.

2 Batang Jahe bersihkan dan parut atau blender hingga halus.
1 – 2 Gelas ukuran sedang Bubuk lombok merah.
1 Gelas ukuran sedang bawang putih yg sudah di haluskan.
3 Sendok makan gula putih.
25 – 30 milii litter SALTED ANCHOVY SAUCE
( Kecap Asin Khusus untuk buat Sawi Putih yg ada gambar Kimchi Sawinya )

Petunjuk
Caranya :

Pertama :
Siapkan semua Bahan Bumbunya : Bubur Tepung berasnya, bubuk lombok merah, bawang putih, jahe,gula. dan bahan tambahannya.

Kedua :
Siapkan Bahan Potongan Radish ( lobak ) masukan dlm baskom ukuran sedang beri sedikit taburan garam aduk hingga rata, kemudian masukan bahan bumbu bubuk lombok merah, potongan bawang bombay beri adonan bubur tepung beras / bubur beras ketan aduk bener – bener rata, masukan kembali potongan daun bawang aduk, masukan potongan daun sawi hijau aduk lagi, setelah itu beri bumbu jahe, bawang putih , gula dan Salted sauce kimchi aduk hingga benar merata keseluruhan.

Nah…akhirnya kita olesin dengan bumbunya sawi putih ini satu pesatu dalam setiap lapisannya. dan bener – bener merata , setelah itu siap untuk di simpan dalam suhu dingin , kulkas . Tetapi langsung di sajikan juga bisa , di potong – potong sesuai selera bisa dech di komsumsi

Dan untuk ingin memperoleh hasil yg lebih mantap !!!!!
Ini memerlukan masa permentasi yg cukup lama ber hari…hari…ber bulan..bulan…dan bahkan ada yg sampe 2 tahun masa permentasinya….karena jelas rasanya lain dari yg lain lebih terasa sekali Kimchinya baik Asam , asin , dan pedas nya.

Hmmmmmm seger :) selamat mencoba ya chingu :)