Sejarah Lady Hwagyeong/Lady Choi Suk Bin/Choi Dong Yi (1670 – 1718)

Annyong Sesang,

Berhubung lagi nge-fans banget sama drama korea dong yi, jadi pengen tahu lebih banyak tentang kehidupan Choi Dong Yi / Choi Suk-Bin yang sebenernya. seperti kita ketahui sesama fans drama korea dong yi, drama ini diangkat dari cerita kolosal atau kisah nyata historis korea tentang seorang pelayan air istana Choi Dong Yi.

sebenernya aku pengen tahu lebih banyak tentang kehidupan dong yi yang sebetulnya tapi ternyata susah banget udah ngutak-ngatik di google hasil yang di dapat ternyata sama aja. tidak ada catatan tentang kehidupannya sebelum ia menjadi selir sukjong dia hanyalah seorang pelayan air di istana yang kemudian menjadi selir dengan gelar suk-bin dan berubah nama menjadi Ladi Hwagyeong / Lady Choi Suk Bin setelah melahirkan seorang anak laki-laki yang kemudian menjadi Raja Joseon ke-21, King Yeongjo. Dalam sejarah tidak ada catatan mendetil mengenai Dong Yi, tapi pernah disebutkan, sebelum jadi Suk Bin, ia memang pernah dipanggil dengan panggilan Sung Eun Sang Gung.

hanya sedikit informasi yang bisa di dapat tentang kehidupan Choi Dong Yi dalam buku-buku sejarah Korea hal ini dikarenakan Choi Dong Yi berasal dari Cheonmin atau kelas bawah / kelas hamba ( Cheomin itu adalah kelas paling terbawah pada dinasti Joseon). soalnya pada masa pemerintahan Joseon lebih terfokus pada pencatatan sejarah raja. dan informasi tentang gundik kerajaan sangat sedikit sekali. tetapi hal ini memungkinkan jika selir berasal dari kelas atas sehingga nama dan jabatan anggota keluarga mereka lebih mungkin untuk dicatat oleh sejarah.Bahkan nama Dong Yi bukanlah nama yang sebenarnya dan tidak ada catatan yang memberitahukan siapa nama asli dari Dong Yi, ia hanyalah dikenal sebagai suk-bin sedangkan Choi adalah nama marga/keluarga. (hah…dong yi mengapa kau begitu misterius :( )

Choi Dong Yi meninggal pada tahun 1718 dalam usia 48 tahun ( 2 tahun sebelum King Sukjong ) dan dimakamkan di dalam Chilgung (artinya Istana Tujuh) dimana tujuh ibu selir raja joseon dimakamkan.

itulah sedikit sejarah tentang Choi Suk-Bin seorang selir Raja dari kalangan Cheonmin namun karena memiliki hati yang sangat mulia maka Choi Suk Bin sudah dianggap sebagai bangsawan oleh Sukjong.(Jadi inget kata-katanya Cha Cheon Soo pada gadis Kecil di Episode terakhir Drama Korea Dong Yi, “kalau ia mulia bagaikan bangsawan karena hatinya mulia. Bukan karena statusnya, dan kalau memiliki hati yang mulia maka pada akhirnya akan menjadi orang yang mulia” ga tahu maksudnya makanya jangan lupa nonton dong yi sampe habis ok.

Choi Suk Bin " The Queen In People Hearts "

49 thoughts on “Sejarah Lady Hwagyeong/Lady Choi Suk Bin/Choi Dong Yi (1670 – 1718)

      • Tp,,,walaupun ia berdarah cheonmin,,,ia ttp bijaksana, pandai, dan adil…oleh krna itulah sukjong lgsung jatuh cinta padanya (#eh)

  1. Sedihh banget,,aku ampe otak atik sana sini tapi hasilnya sama aja :( aku masi sangat penasaran sama dong yi,,,tapi aku senang banget ternyata dia emang orang yg sangat baik,,aku udahh 2x nonton,,,sedihh yahh kisanya

    • kayaknya bisanya cuma dalem mimpi aja hahahaha,,,,
      ia aku juga penasaran banget pengen liat tokoh aslinya dong yi
      sayangnya dia dari kelas jelata jadi kisah atau riwayat hidupnya ga di catat dalamm buku sejarah korea :(

  2. aq sdh prnh nonton juga … udah nyari di google tp hasilx nihil … kisahx mengharukan . i like it! oiya, aku juga suka han hyo joo (pemeran dong yi), ji jin hee (pemeran king sukjong), park ha sun (pemeran ratu inhyeon) and lee so yeon (pemeran jang hee bin).

  3. selir suk-bin
    unnie han hyo joo co”k sekali dengan peran nhe.wibawa sma bijaksana’a dpt.
    raja suk jong?ji jin hee peran’a bgs bae soo bin , park ha seon , lee yoo won semuanyyyyyyaaaaa keren

    • iya yaa jadi pngin ke masa dinasty joseon ketemu langsung ma dong yi slir chang yang jahat itu ma semua nya dehh sekalian ma dayang2 yg baik2 semua ma dong yi kita yaaaaaaaa

    • Dalam film Jang Ok Jung plot cerita masih sama (mirip) tapi karakter masing2 pemeran beda jauh. Dong Ji bukanlah gadis yang pintar dan sepenuhnya suci bagaikan malaikat, tapi dong ji disini adalah gadis dari kelas bawah yang bahkan tidak bisa membaca dan ekspresi wajahnya mengesankankan sbg gadis penggoda. jadi bingung deh mana yang benar. tapi fakta sejarahnya dia adalah gadis dari kalangan bawah yang berhasil menjadi ibu dari raja korea.

  4. Wah, aku baru saja selesai menonton film Jang Ok Jung. seru juga sih, tapi jangan kecewa atau sedih untuk para pengagum Dong Ji. dalam film Jang Ok Jung ini yang menjadi tokoh jahatnya justru adalah Dong Ji ! seorang wanita pencuri, penggoda laki2 , genit, dan pemfitnah ! Dong Ji bukanlah wanita yang smart, baik hati dan memiliki hati bak malaikat. sama sekali tidak ada percintaan antara raja dan Dong ji , sebaliknya Jang Ok Jung diceritakan sebagai kekasih raja sejak remaja. Selalu menderita karena berasal dari kelas bawah, bahkan karena fitnah Dong Ji lah akhirnya Jang Ok Jung dihukum mati.
    yah film mengenai Dong Ji maupun Jang Ok Jung cuma rekaan penulis , tidak ada bukti sejarahnya kecuali keberadaan para tokoh. anggap itu cuma perang ide antara penulis. cerita mana yang anda percayai terserah kepada anda.

  5. klo menurut aq seh ceritanya udh bener cm alurnya yg ga tau bener apa tdknya,, mana yang jahat kita ga tau tp klo menurut sejarah jang ok jung adalah permaisuri yang tamak dan haus akan kekuasaan dia begitu kejam,,, menghalalkan segala cara agar bisa berkuasa,, tp ga ada catatan lebih mengenai dong yi,,, dalam sejarah dia tercatat hanya sebagai selir hui bin.. karena setelah meninggalnya jang ok jung dan permaisuri inheyon ratu penggantinya ratu jeongseong dari klan seo bukan choi dong yi(selir choi suk bin)…

  6. iya nih sy juga sudah nonton jang ok jung, krn penasaran sejarah sbenarnya mana yg bener, en ketemu di wikipedia ditulis bahwa lady sukbin (dong yi) punya 2 anak yg identitasnya diragukan… ;-(

  7. iya,aku juga udah nonton jang ok jung..bagus,sedihhhh banget ceritanya..kasian..yaaah,tp gak tw cerita mana yg bener,mungkin diinterpretasikan oleh orang yg berbeda,jdnya ceritanya beda dgn yg di dong yi..gak ada bukti sejarah mungkin ya,karena jang ok jung n choi dr kelas bawah,bukan bangsawan..

  8. Dan gw ga trima banget choi dong yi gw di bikin jahat di drama jang ok jung
    kesel gw nonton nya. Dong yi karakternya di bikin liar gitu
    ga trima banget gw

  9. terlepas dari perang ide para penulis..toh buktinya sampai sekarang makam choi dong yi masih diagungkan oleh masyarakat korea khususnya orang bawahan karena jasanya yg smasa hidup lebih memilih mengabdi untuk rakyat miskin daripd tinggal di istana mewah..
    dan soal anak di drama dong yi sudah jelas bagaimana tentang anak pertama yg wafat itu adalah anak syah raja,dan soal kpintaran gak mungkin aja seorang wanita yg gak smart apalagi dari kalangan rendah berhasil menjadi selir bahkan melahirkan putra mahkota,sedangkan raja terlalu pemilih soal perempuan,sang ratu aja gak pernah hamil2 sampai wafat..jadi dari itu kita bisa mengambil sedikit ksimpulan..

  10. kalau soal sejarah yg bener kita bisa bandingkan aja dari perpanjangan episode,dong yi 24 karena rating klu gak salah 30.an ke atas sementara jang ok jung cuma 24 dgn rating 9,blom lagi award yg di dapat dari drama dong yi..dan dengan itu kita berpikir apa iya masyarakat korea lebih menyukai sejarah palsu tentang negaranya sendiri apapun alasannya gak mungkin aja..apalagi masyarakat korea dikenal cinta bgt ama negaranya..

  11. sorry maksud ku dong yi 60 episode sementara jang ok jung cuma 24..dan untuk drama sejarah asli di korea itu terlalu sdikit..kemungkinan besar karena ratingnya rendah..

  12. saya sudah nonton berkali-kali filmnya :D ,lewat komentar ini saya mau mengajak saudari-saudara mewujudkan film menjadi realitas. Di film raja sukjong senang turun dari istana untuk mengetahui / merasakan sebagai rakyat. Kalo di ibaratkan seperti jokowi “blusukan” :D . kalo di film ada kaum budak, kita juga ada kaum petani, paman becak dan rakyat yg kekurangan lah.
    anaknya petani sebagian juga malu kalo ortu nya bertani, padahal mereka seharus nya berjasa!! untuk kemandirian pangan NKRI. kalo di film ada mentri2 yg korupsi, kita juga ada tambah berkali-kali lebih buanyak :D semakin di usut korupsi semakin ketahuan Negara kita tambah mundur yg seharusnya merdeka dapat dinikmati kemerdekaan sejak 1945. kalo membicarakan Negara kita sendiri yah … punya mata dan telinga dapat rasakan dan liat kalo yang mau blusukan ala jokowi.Akhir kata untuk 2014 pilih pemimpin/presiden yg mau mengerti keluhan rakyat terutama memberantas kemiskinan, jangan golput krn setiap warga Negara Indonesia berhak memilih :D

  13. Kata sepupu quw yg kebetulan kerja dikorea, saat drama jang ok jung menampilkan Dong Yi dalam karakter berbeda itulah rating JOJ mulai menurun krn yang mrk tau dari sejarah ataupun buku2, Choi Dong Yi tidaklah spt yg digambarkan oleh penulis JOJ. Bahkan drama JOJ menuai protes krn drama itu menampilkan ok jung yg mengenakan heels serta manekin untuk pakaian padahal dijaman joseon kedua benda itu tak pernah ada.

  14. Sebenarnya sejarah asli dari dongyi dr jang ok jung apa dari film dongyi yaa. Pngen lbh tau lagi dari awal ketemu nya sm jang ok jung. Tp di film jang ok jung sy liat terlalu jauh dr logika aah.justru malah yg lbh masuk akal tuh di film nya dong yi. Tp penasaran knp dong yi hrs keluar istana

  15. Sy sangat berharap mudah2an ada sutradara korea yang bikin cerita kisah dimana dongyi sebelum meninggal dan pergantian tahta sukjong ketika wafat .. pngen banget liat anak ok jung ketika jadi raja dan anak dongyi jd raja tp pngn liat dr awal nya bukan kaya di yisan pas udah tua nya….. mudah2an 2014 ada film nyaaaaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s